Steganography

Nama : Agung Indrawan
Kelas : 3B TKJ
NIM : 42517048
Dosen : Irfan Syamsuddin, ST, PG.Dipl.BEC, M.Com.ISM,Ph.D 

Steganography

Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Sebaliknya, kriptografi menyamarkan arti dari suatu pesan, tapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan. Kata “steganografi” berasal dari bahasa Yunani steganos, yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein, “menulis”.

Pada umumnya, pesan steganografi muncul dengan rupa lain seperti gambar, artikel, daftar belanjaan, atau pesan-pesan lainnya. Pesan yang tertulis ini merupakan tulisan yang menyelubungi atau menutupi. Contohnya, suatu pesan bisa disembunyikan dengan menggunakan tinta yang tidak terlihat di antara garis-garis yang kelihatan.

Tujuan dari steganografi adalah merahasiakan atau menyembunyikan keberadaan dari sebuah pesan tersembunyi atau sebuah informasi. Dalam praktiknya, kebanyakan pesan disembunyikan dengan membuat perubahan tipis terhadap data digital lain yang isinya tidak akan menarik perhatian dari penyerang potensial, sebagai contoh sebuah gambar yang terlihat tidak berbahaya. Perubahan ini bergantung pada kunci (sama pada kriptografi) dan pesan untuk disembunyikan. Orang yang menerima gambar kemudian dapat menyimpulkan informasi terselubung dengan cara mengganti kunci yang benar ke dalam algoritme yang digunakan.

Jenis-Jenis Teknik Steganografi

Terdapat tujuh teknik steganografi berdasarkan teknik yang digunakan, yaitu sebagai berikut(Ariyus,2009):

Injection

Merupakan teknik menanamkan pesan rahasia secara langsung terhadap suatu media, kekurangan dari teknik ini adalah media yang diinjeksi akan menjadi lebih besar dari ukuran normalnya sehingga mudah terdeteksi. Teknik ini juga disebut embedding.

Substitution

Teknik ini mengubah data normal menjadi data rahasia, hasil dari teknik ini biasanya tidak akan terlalu mengubah ukuran data asli tetapi tergantung pada data yang akan disembunyikan. Teknik ini akan menurunkan kualitas media yang ditumpangi.

Transformasi Domain

Teknik ini sangat efektif. Pada dasarnya, transformasi domain menyembunyikan data pada transform space.

Spread Spectrum

merupakan teknik pentransmisian menggunakan pseudo-noise code, yang independen terhadap data informasi sebagai modulator bentuk gelombang untuk menyebarkan energi sinyal dalam sebuah jalur komunikasi (bandwith) yang lebih besar daripada sinyal jalur komunikasi informasi. Oleh penerima, sinyal dikumpulkan kembali menggunakan replika pseudo-noise code tersinkronisasi.

Statistical Method

Teknik ini disebut juga skema steganographic 1 bit. Skema tersebut menanamkan satu bit informasi pada media tumpangan dan mengubah statistik walaupun hanya 1 bit. Perubahan statistik ditunjukkan dengan indikasi 1 dan jika tidak ada perubahan, terlihat indikasi 0. Sistem ini bekerja berdasarkan kemampuan penerima dalam membedakan antara informasi yang dimodifikasi dan yang belum.

Distortion

Teknik ini menciptakan perubahan atas benda yang ditumpangi oleh data rahasia.

  • Cover Generation

Tenik ini lebih unik daripada metode lainnya karena cover objek dipilih untuk menyembunyikan pesan.

Adapun software yang umum dipakai dalam melakukan Steganografphy sebagai berikut:

1 QuickStego

QuickStego memungkinkan Anda menyembunyikan teks dalam gambar sehingga hanya pengguna QuickStego lain yang dapat mengambil dan membaca pesan rahasia yang tersembunyi.

2. OpenStego

Dengan menggunakan perangkat lunak ini Anda dapat menyembunyikan data (file) di dalam gambar atau mengekstrak data dari gambar

3. SilentEye

SilentEye adalah program steganografi lintas platform yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda menyembunyikan pesan sensitif di balik gambar atau dalam file audio

Penggunaan Steganography

Berikut penggunaan aplikasi QuickStego dalam melakukan steganografi pada gambar dengan menyisipkan hidden text. Klik Open Image untuk memilih gambar yang ingin digunakan.

Selajuntnya pada bagian text masukkan pesan text pada gambar lalu klik Hidden Text dan klik Save Image.

Tipe file penyimpanan gambar berformat .bmp

Untuk melihat hasil hidden text pada gambar klik Open Image dan pilih file yang telah disisipkan hidden text berformat .bmp

Berikut hasil text yang telah disisipkan pada gambar dengan hidden text “Feel The Sun”

References :

https://id.wikipedia.org/wiki/Steganografi

https://www.codepolitan.com/mengenal-teknik-pengamanan-data-steganografi-5b3b1b32ee8c5

http://quickcrypto.com/free-steganography-software.html

https://www.immersa-lab.com/pengertian-steganografi-jenis-jenis-dan-prinsip-kerja.html

Leave a comment